WULING PONTIANAK

Jl. Ahmad Yani 2 No. 17-19, Pontianak, Kalimantan Barat 78121

Menu

Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Monday, July 9th 2018.

 

Goresan pada cat mobil merupakan risiko paling rentan ketika mencuci mobil. Gunakan produk dan peralatan khusus cuci mobil agar goresan pada bodi mobil terhindari. Dan pakai alat-alat tersebut hanya untuk bodi mobil, tidak untuk permukaan lain.

Mencuci mobil tidak sekadar membasahi dan mengelap bodinya karena jika Anda mengerjakannya secara kurang cermat, cat mobil justru berisiko tergores dan penampilan mobil menjadi tidak prima. Sebaliknya, dengan cara mencuci mobil yang benar, cat mobil akan lebih awet dan bebas goresan. Perlakukan permukaan mobil secara lembut ketika mencuci dan selalu gunakan produk cuci khusus untuk mobil agar hasilnya maksimal.

cara mencuci mobil

Tips mencuci mobil yang praktis

Sering mencuci mobil belum tentu caranya benar. Mungkin Anda pernah mendapat anjuran cara mencuci mobil yang berbeda-beda dari berbagai sumber. Bagaimana sebenarnya cara cuci mobil yang benar? Tips cuci mobil berikut ini memisahkan apa saja yang boleh Anda lakukan dan apa yang sebaiknya Anda hindari:

Lakukan:

  1. Menggunakan produk khusus mobil dan alat pencuci mobil. Mulai dari spons, lap, hingga sampo khusus mobil sangat dianjurkan. Lap mobil seharusnya sangat lembut dan tidak menyebabkan kotoran atau pasir menempel di lap sehingga tidak menggores cat.
  2. Basahi seluruh bodi mobil sebelum mencucinya. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel lebih mudah diangkat, ibarat merendamnya. Gunakan semprotan bertekanan tinggi jika Anda punya. Air akan membantu melunakkan lumpur kering sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggosok mobil.
  3. Siapkan dua ember, satu untuk air bersabun dan satu lagi untuk membilas spons atau lap mobil. Sering-seringlah membilas spons atau lap dengan air bersih untuk meluruhkan kotoran dan pasir yang menempel, baru kemudian celupkan lagi ke air bersabun untuk mencuci bagian berikutnya.
  4. Cuci dari atas ke bawah. Bagian bawah mobil tentu paling kotor karena lumpur dan tanah. Mulailah mencuci dan mengelap mobil dari atap mobil atau bagian yang terbersih. Biarkan air sabun mengalir ke bawah sekalian melunakkan lumpur kering sehingga nantinya mudah dibersihkan ketika Anda mencuci bagian bawah mobil.
  5. Bilas bodi mobil dengan air bersih. Semprotkan air ke celah-celah dan bagian-bagian yang tersembunyi di bodi mobil.

Hindari:

  1. Mencuci di bawah terik matahari. Panas sinar matahari akan terlalu cepat mengeringkan sampo dan buih ketika mencuci sehingga justru meninggalkan noda di badan mobil. Pilih tempat teduh atau tunggu hingga sore hari ketika matahari tidak bersinar terik.
  2. Menggunakan kain pel, spons cuci piring, atau lap yang tidak didesain untuk mobil. Serat kain ada bermacam-macam, sedangkan peralatan cuci mobil didesain dengan serat khusus sehingga tidak menggores cat.
  3. Langsung menggosok mobil dengan air bersampo. Air bersampo berfungsi untuk mengangkat kotoran, tapi kotoran seperti lumpur kering akan sulit dibersihkan jika mobil tidak dibasahi terlebih dulu dan besar kemungkinan malah menggores cat. Beri waktu beberapa menit setelah membilas mobil hingga lumpur dan kotoran melunak, baru gunakan air bersampo untuk mencucinya.
  4. Tidak mengeringkan mobil usai dicuci. Memang benar panas matahari akan cepat mengeringkan mobil yang baru dicuci, sayangnya cara ini justru akan meninggalkan noda air kering. Cara yang benar adalah mengelapnya dengan lap khusus mobil yang bersih dan kering.

Tips di atas bisa Anda terapkan sehari-hari atau setiap akhir pekan. Anda bisa memanjakan mobil dengan membawanya ke salon mobil sebulan sekali agar mendapat perawatan profesional.

Sumber : https://www.cleanipedia.com/id/mobil-kendaraan/cara-mencuci-mobil-yang-baik-dan-benar

 

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar info promo, pemesanan, test drive dan lain-lain, Silakan hubungi : Lion 0813 4806 1888 ( Marketing Executive Wuling Pontianak )

Bisa via Telp, SMS, ataupun WA

Mobil Terbaru

Related Article Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar